Program Studi Pendidikan Luar sekolah tampil dengan visinya yang khas dan spesifik. Di atas kekhasan dan kespesifikan visi program studi ini secara operasional termanisfestasikan dalam misi yang diemban sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan pendidikan dan tenaga kependidikan yang kompeten dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah.
    Dalam menjalankan misi ini, kurikulum disusun bersama asosiasi prodi Pendidikan Luar Sekolah se Indonesia dengan menetapkan standar kompetensi yang dapat menghasilkan luaran yang memiliki kompetensi sebagai pendidik dan tenaga kependidikan luar sekolah yang professional dalam mengembangkan program program Pendidikan Luar Sekolah di masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran dengan memperhatikan relevansinya dengan kebutuhan masyarakat sebagai bagian ikut serta memecahkan masalah-masalah Pendidikan Luar Sekolah.
    Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran maka perkuliahan magang dan praktek lapangan senantiasa menjadi suatu prioritas dosen dalam menyelenggarakan perkuliahan. Mahasiswa diarahkan untuk dapat mengenal permasalahan-permasalahan masyarakat untuk selanjutnya benjadi bahan diskusi dalam kelas.
  3. Mengembangkan kajian-kajian Pendidikan Luar Sekolah melalui kegiatan penelitian yang berlandaskan nilai akademik dan budaya bangsa. Pelaksanaan penelitian dosen dan mahasiswa mengarah pada pengembangan program Pendidikan Luar Sekolah dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa pada program-program Pendidikan Luar Sekolah yang ada di masyarakat serta mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa melalaui kegiatan pengabdian yang bertemakan pemberdayaan masyarakat.
  5. Membangun dan memperluas jejaring/kemitraan yang saling menguntungkan dengan pemakai lulusan dan unsur stekaholder. Untuk memperluas kemitraan, pelaksanaan kemitraan yang dilakukan oleh universitas dan fakultas, program studi senantiasa melibatkan diri dengan institusi penyelenggara kemitraan