Keberadaan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) berawal dari didirikannya Jurusan Pendidikan Sosial (PS) di Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1962 dibuka jurusan PS pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Hasanuddin (Unhas). Pada tahun 1965 FKIP Unhas memisahkan diri dengan berdirinya IKIP Makassar dan Jurusan PS berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Makassar.

Pada tahun 1979, Jurusan PS berubah nama menjadi Jurusan PLS berbarengan dengan perubahan program sarjana lengkap menjadi program sarjana strata satu (S1) dengan masa studi empat tahun (delapan semester. Pada tahun 1981 sampai 1985 telah pernah dibuka program Diploma Satu (D1) dan program Diploma Dua (DII) Jurusan PLS dalam rangka memenuhi tenaga lapangan (tenaga profesional).

Pada tahun 1965, Jurusan PLS mulai menghasilkan alumni sarjana muda dengan gelar BA, dan tahun 1968 telah menghasilkan alumni Sarjana lengkap (Drs./S.Pd.). selama berdirinya hingga tahun 2011, telah menghasilkan sarjana strata satu yang jumlahnya cukup banyak. Para alumninya sebagian besar telah bekerja yang tersebar di seluruh Indonesia dan terbanya direkrut di Propinsi Sulawesi Selatan. Mereka terserap di berbagai lembaga/Instansi pemerintah dan swasta.